Application of fiberglass geogrid in four road problems 

Fiberglass geogrid adalah bahan geosintetik yang sangat baik untuk memperkuat dasar jalan dan tanah lunak. Ini memiliki kekuatan tarik tinggi dan perpanjangan rendah dalam arah lungsin dan pakan, dan memiliki sifat yang sangat baik seperti ketahanan suhu tinggi, ketahanan dingin rendah, ketahanan penuaan dan ketahanan korosi. Fiberglass geogrid adalah produk semi-kaku yang terbuat dari bahan dasar mesh melalui proses rajutan lusi yang canggih dan perawatan pelapisan permukaan.

Ini banyak digunakan dalam penguatan perkerasan aspal, perkerasan semen dan dasar jalan, tanah dasar kereta api, perlindungan lereng bendungan, landasan pacu bandara, kontrol pasir dan proyek rekayasa lainnya. Fiberglass geogrid adalah sejenis bahan mesh datar yang ringan dan fleksibel, yang mudah dipotong dan disambungkan di lokasi, dan juga dapat ditumpang tindih. Konstruksinya sederhana dan tidak memerlukan mesin konstruksi khusus dan teknisi profesional. Geogrid fiberglass sangat nyaman digunakan di bidang teknik.

1. Memperlambat retak refleksi

Masalah: retak refleksi disebabkan oleh konsentrasi tegangan pada lapisan aspal atas yang disebabkan oleh perpindahan besar permukaan beton lama di dekat sambungan atau retakan. Ini termasuk perpindahan horizontal yang disebabkan oleh perubahan suhu dan kelembaban dan perpindahan geser vertikal yang disebabkan oleh beban lalu lintas. Yang pertama menyebabkan tegangan tarik yang lebih terkonsentrasi pada lapisan aspal di atas sambungan atau retakan; Yang terakhir ini membuat lapisan aspal di atas sambungan mengalami tegangan tarik dan tegangan geser yang besar.

Prinsip tindakan: karena ketahanan tarik yang besar dari kisi-kisi serat kaca, hingga 67gpa, itu diterapkan di lapisan aspal sebagai interlayer keras dengan kekakuan tinggi. Fungsinya untuk menghambat stres dan melepaskan ketegangan. Pada saat yang sama, digunakan sebagai bahan penguat beton aspal untuk meningkatkan kapasitas tarik dan geser struktur overlay, sehingga dapat mengurangi retak.

fiberglass geogrid

2. Ketahanan retak kelelahan

Masalah: setelah pengaspalan aspal pada perkerasan beton aspal lama, lapisan aspal akan menanggung beban bersama-sama dengan perkerasan aspal beton lama. Oleh karena itu, overlay aspal pada perkerasan beton aspal tidak hanya akan muncul retak refleksi, tetapi juga retak lelah akibat aksi beban jangka panjang.
Prinsip kerja: kisi-kisi serat kaca dapat menyebarkan tegangan tekan dan tegangan tarik di atas di lapisan aspal, dan membentuk zona penyangga antara dua area tegangan. Di sini, tegangan berubah secara bertahap daripada tiba-tiba, mengurangi kerusakan mutasi tegangan pada lapisan aspal. Pada saat yang sama, elongasi rendah dari kisi-kisi serat kaca mengurangi defleksi perkerasan dan memastikan bahwa perkerasan tidak akan mengalami deformasi transisi.

Fatigue cracking resistance

3. Ketahanan Rutting & Shoving

Masalah: beton aspal memiliki reologi pada suhu tinggi, yang diwujudkan dalam: permukaan jalan aspal lunak dan lengket di musim panas; Di bawah aksi beban kendaraan, area stres tenggelam. Setelah beban kendaraan dihilangkan, permukaan aspal tidak dapat dikembalikan sepenuhnya ke kondisi sebelum beban, yaitu terjadi deformasi plastis; Di bawah aksi penggulingan kendaraan yang berulang, deformasi plastik terakumulasi dan bekas roda terbentuk.
Prinsip tindakan: kisi serat kaca digunakan dalam lapisan aspal, yang memainkan peran kerangka dalam lapisan aspal. Agregat dalam beton aspal berjalan melalui kisi-kisi untuk membentuk sistem interlocking mekanis komposit, yang membatasi pergerakan agregat, meningkatkan gaya ikat melintang pada lapisan aspal, dan semua bagian permukaan aspal ditahan satu sama lain untuk mencegah pergerakan permukaan aspal, sehingga dapat menahan rutting.

Rutting & Shoving resistance

4. Tahan terhadap retak susut suhu rendah

Masalahnya muncul: untuk jalan aspal di daerah dingin yang parah, suhu permukaan di musim dingin mendekati suhu udara. Dalam kondisi suhu seperti itu, beton aspal menyusut ketika dingin dan menghasilkan tegangan tarik. Ketika tegangan tarik melebihi kekuatan tarik beton aspal, retakan akan terjadi, dan retakan akan terjadi di tempat di mana retakan terkonsentrasi, membentuk penyakit. Dari penyebab keretakan, bagaimana membuat kekuatan beton aspal menahan tegangan tarik menjadi kunci untuk mengatasi masalah tersebut.
Prinsip kerja: penerapan kain paving grid kaca di overlay aspal sangat meningkatkan kekuatan tarik beton aspal dan dapat menahan tegangan tarik besar tanpa kerusakan. Selain itu, bahkan jika tegangan di tempat retakan terjadi terlalu terkonsentrasi karena retakan di daerah setempat, secara bertahap akan hilang melalui transmisi jaringan serat kaca, dan retakan tidak lagi berkembang menjadi retakan. Saat memilih kisi serat kaca, selain indeks kinerjanya yang memenuhi ketentuan tabel di atas, perhatian khusus harus diberikan untuk memastikan bahwa lebarnya tidak kurang dari 1,5 m, untuk memastikan bahwa ia memiliki luas penampang yang cukup untuk sepenuhnya menghilangkan energi retak ketika digunakan sebagai interlayer untuk mengontrol retak refleksi; Pada saat yang sama, ukuran mesh harus 0,5 ~ 1,0 kali dari ukuran partikel maksimum bahan permukaan aspal di atasnya, yang akan membantu mencapai viskositas perekat geser terbaik dan mendorong interlocking dan pembatasan agregat.

Aplikasi Geogrid serat kaca:

1. Perkerasan aspal lama, permukaan aspal yang diperkuat dengan Geogrid Fiberglass.
2. Perkerasan semen direkonstruksi menjadi perkerasan komposit untuk menahan retak refleksi akibat susut pelat.
3. Proyek perluasan dan rekonstruksi jalan untuk mencegah retakan akibat sambungan baru dan lama serta penurunan yang tidak merata.
4. Perlakuan perkuatan pondasi tanah lunak dapat secara efektif menghambat penurunan, distribusi tegangan yang seragam dan meningkatkan kekuatan keseluruhan tanah dasar.
5. Jalan yang baru dibangun harus diperkuat untuk mencegah keretakan perkerasan yang disebabkan oleh pantulan retakan pondasi

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts

Drainage board with filter fabric

Performance of Drainage board with filter fabric: Drainage performance: The Drainage board with filter fabric can quickly discharge rainwater, effectively relieving the pressure on the

Contact US